Menstrulasi dan Kesuburan

Menstrulasi dan kesuburan adalah hal umum yang dialami setiap wanita. Menjadi wanita yang mampu memerikan buah hati kepada pasangan adalah sebuah kebanggaan sekaligus impian tiap wanita di dunia. Sebagai wanita, tentunya kita mengerti bahwa mampu atau tidaknya kita memberikan buah hati sangat erat kaitannya dengan kesuburan, dan salah satu penanda kesuburan adalah apa yang disebut dengan menstruasi. 

Menstrulasi dan Kesuburan
Sebelum sahabat wanita mengerti lebih lanjut mengenai menstruasi dan kesuburan, alangkah baiknya jika mengerti dahulu pengertian dari menstruasi. Menstruasi adalah perdarahan secara periodic dan siklik dari uterus disertai pelepasan (deskuamasi) dari endometrium. Menstruasi ini merupakan suatu siklus discharge fisiologik darah dan jaringan mukosa melalui vagina dari uterus yang tidak hami, di bawah kendali hormonal dan berulang secara normal, 


biasanya interval sekitar empat minggu, tanpa adanya kehamilan selama periode reproduktif ( pubertas sampai menopause) pada wanita. Jadi bila tidak terjadi kehamilan, maka kita akan mengalami menstruasi.

Sering kita sebagai wanita mengalami siklus yang maju ataupun lebih lambat dari biasanya, ataupun mungkin keluhan – keluhan lain seperti banyaknya darah yang keluar terlalu berlebih, warna yang terlalu pekat bahkan terlalu encer, sehingga muncul pertanyaan apakah menstruasi kita kali ini bermasalah atau tidak? Lalu bagaimana menandai bahwa menstruasi kita menunjukkan ciri normal? Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh sahabat wanita, yaitu :

Siklus menstruasi

Menstruasi normalnya terjadi setiap 21 – 35 hari ( 28 hari merupakan siklus yang khas) . Kadang- kadang lebih awal atau lambat, jika tidak lebih dari 7 hari masih dianggap normal oleh karena itu siklus menstruasi normal tidak boleh kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari setiap bulannya.Durasi menstruasi normal adalah 3 – 7 hari atau dapat 4 – 5 hari. 

Jumlah darah menstruasi

Jumlah darah yang dikeluarkan pada saat menstruasi merupakan suatu penanda normal atau tidaknya menstruasi yang terjadi pada tubuh kita. Normalnya, keluarnya darah menstruasi umumnya sekitar 25 – 45 mL, sedangkan hilangnya 20-60 mL masih dapat diterima, namun jika melebihi 80 mL akan menyebabkan kerugian berupa anemia. 

Warna darah

Warna darah menstruasi normal adalah merah darah biasanya sedikit gelap, pada saat mulai selesai menstrulasi warna darahnya akan lebih terang, secara bertahap akan menjadi merah lebih tua, akhirnya kembali ke warna merah muda lalu menjadi bersih seperti darah normal.

Setelah membaca uraian di atas, apakah kita masih juga malas mengecek bagaimana kondisi menstruasi kita? Pastinya sahabat tidak lagi merasa malas dan segera mengecek apakah menstruasi kita selama ini termasuk normal atau tidak. Mengapa hal ini sangat penting dilakukan? Jika setelah kita menemukan bahwa menstruasi kita abnormal, maka kita perlu waspada, Sahabat. Karena menstruasi yang abnormal seringkali merupakan sebuah gejala adanya penyakit ganas dan bahaya , seperti myoma uteri yang bersarang di tubuh kita, dimana adanya penyakit ganas tersebut seringkali menyebabkan kerusakan bagian reproduksi kita sehingga tingkat kesuburan menjadi terganggu, Oleh karena itu, Ayo Sahabat wanita, segeralah mengecek keadaan menstruasi kita secara dini untuk mencegah adanya penyakit bersarang di tubuh kita dan wujudkan impian kita bersama si buah hati… 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai menstrulasi dan kesuburan adapun keterkaitan lain mengenei solusi masalah keputihan, kanker serviks dan mioma dapat anda lihat di purecrystalx.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menstrulasi dan Kesuburan"